Vaksin Sholawat

PosMq

Vaksin Palsu Sholawat
Sholawat  adalah bentuk jamak dari kata Sholat yang artinya adalah Doa. Bicara tentang sholawat tentu tidak akan lepas dari “ Sholawatan “. Kumpulan alunan sighot sighot yang tersusun indah. Bahkan Sholawat sendiri  identik dengan berbagai gamelan alat musik,baik klasik maupun modern yang membubui didalamnya.
Di magelang sendiri banyak sekali kita jumpai Majlis-majlis sholawat, coba sesekali melihat di kampung tetangga,kita akan menjumpai berbagai jamaah itu. Entah dengan ragam yang berbeda, tapi pada hakikatnya sendiri  itulah sebuah media untuk berdoa, bertabarukan dan untuk menyampaikan rasa cinta kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW.
Terlepas dari perkara Bid’ah atau haramnya alat pengiring itu biarlah menjadi urusan masing masing, Yang penting Cinta kog !
Lho mang ada hubungan apa vaksin dengan Sholawat ? jika kita gali lebih dalam lagi,bukankah dengan senang sholawat dan sholawatan akan membentuk sistem imun kita terhadap perkara nahi mungkar.
Dalam ayatnya Allah berfirman “ Sesungguguhnya Allah dan para malaikatnya bersholawat untuk nabi. Hai orang orang yang beriman  bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya “ QS.Al-Ahzab ; 56
Tapi kepalsuan zaman  telah menjebak dan bahkan menjerumuskan sebagian kalangan umat. Kekebalan iman pun terus digerus oleh produk produk kapitalis negeri ini. Sholawatan tapi kog ternyata tak ubahnya “ jejogetan ” di  Cafe remang-remang yang sudah merajalela sampai pelosok daerah negeri ini. Bersholawat tapi kog tak ada bedanya dengan biduan yang juga menampilkan gemerlap baju dan lekuk indah tubuhnya.
Sudah beradabkah kita kepada sosok yang kita cintai ini ? Apalagi dengan beliau yang kita harapkan syafaatnya nanti.
Sudah sepantaskah kita “ meminta “ dengan hanya sekedar untuk menukar beberapa lembaran kertas rupiah ?
Sudahkah Ber Ahlaqkul karimah kah kita dengan menjadi bagian dari ahli sholawat ?
Jangan jangan vaksin yang kita dapatkan selama ini hanya untuk kepentingan duniawi saja,tanpa mengetahui hikmah sejatinya sholawat.
Majelis ilmu dan Paseduluran Maneges Qudroh putaran Agustus ini (6 Agustus 2016, pukul 20.00 WIB) mencoba mengupas kembali tentang esensi dari Sholawat itu sendiri. Mari kita lungguh bareng, sinau bareng………

Tulisan Terkait