Terlihat dengan gagah telah terpasang kain berukuran 10 meter persegi panjang dengan warna merah putih terbentang di halaman tempat Wirid dan Sholawat akan dimunajatkan. Selasa, 18 Agustus 2020, satu hari tepat setelah Bangsa Indonesia merayakan Kemerdekaanya. Masih terasa kental aura perayaan Agustusan, kata yang sering digunakan masyarakat Indonesia saat Perayaan Hari Kemerdekaan RI.

Bagi Jamaah Maneges Qudroh selain juga turut serta dalam perayaan Agustusan, Selasan kali ini istimewa karena undangan dari salah satu jamaah yang mengingingkan melantunkan Wirid dan Sholawat yang ke -37 di kediaman Mas Nurcholis di Beji, Kali Bawang, Kulon Progo. Tidak tanpa alasan, undangan Wirid dan Sholawat ini ditujukan untuk meminta doa, restu dan rasa syukur Mas Nur sapaan akrabnya atas pernikahanya yang sudah berlangsung pada 11 Agustus 2020 lalu.

Satu persatu para jamaah pun berdatangan memenuhi halaman depan rumah Mas Nur yang telah terpasang tratag. Setiap jamaah yang datang mengucapkan doa, cita, dan harapan untuk kedua mempelai sembari bersalaman dan kelakar seadanya. Langit cerah dan bintang gemintang yang menemani seakan mengaminkan apa-apa yang telah dipanjatkan kepada sang mempelai berdua.

Sebelum memulai Wirid dan Sholawat, tampak di dalam rumah Mas Nur terdengar lantunan ayat-ayat suci Al Quran yang beradu dengan suara rebana dikumandangkan oleh pemuda-pemudi setempat. Memasuki tengah malam acara Wirid dan Sholawat baru dimulai. Seluruhnya, tampak kebahagiaan dari wajah jamaah dan tentunya juga dari kedua mempelai.

Malam itu selain bermunajat bersama atas rasa syukur pernikahan salah satu dulur MQ, para jamaah juga nampak khusyuk bershalawat, melantunkan wirid dan dzikir, bermunajat kepada Allah SWT. Memanjatkan doa-doa untuk kebaikan dan keselamatan bersama.

Melihat situasi dan kondisi yang kita lihat bersama akhir-akhir ini, tersadarlah bahwa kita sudah benar-benar tidak memiliki daya dan upaya untuk berbuat apa-apa lagi, kecuali tetap bersandar kepada-Nya. Sepenuhnya kita menyerahkan diri kepada Allah SWT untuk keselamatan dan kebaikan, khususnya Bangsa Indonesia.

Wirid dan Shalawat ini adalah salah satu upaya untuk terus memohon dan memesrai Allah SWT agar selalu menjaga keselamatan kita dan Bangsa Indonesia.

Semoga kita semua tetap dilindungi oleh Allah SWT. (Harnum)

Dusun Beji, 18 Agustus 2020